Panel Karya Sineas Perempuan

Analisis karya-karya pembuat film perempuan yang memastikan membawa suara perempuan

Navigasi Konten

(Re)konfigurasi Subjek (Perempuan) dalam Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak

Panji WIbowo
Peneliti dan sutradara lepas. Pelatih bidang penulisan kreatif, film training, kritik film dan penyutradaraan film dan dokumenter
Institut Kesenian Jakarta
panji.wibowo@gmail.com
Di dalam situasi di mana akses dan kesempatan untuk berkarya terbuka lebar, apakah perempuan sutradara sanggup melahirkan kebaruan atau estetika yang khas perempuan? Tulisan ini akan membahas tentang bagaimana film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak dapat menjadi jawaban atas tantangan tersebut. Melalui karakter Marlina dan Novi yang diletakan dalam tegangan antara identitas molar dan molekular, film ini berupaya menawarkan jalan keluar dari kejumudan kaum feminis yang masih menempatkan emansipasi dan kesetaraan sebagai problem utama. Marlina, karakter utama film ini, tidak digambarkan sebagai ‘subjek ideal’, subjek atau karakter dalam film yang umumnya membuat penonton mengidentifikasikan diri atau bersimpati. Ia bukan representasi dari perempuan yang kita kenali sehari-hari. Melalui mise-en-scene dan penempatan kamera kita terus menerus dibuat berjarak. Kita diajak untuk merekonfiguras ‘subjek baru’ secara manual, keping demi keping, sebagai cara untuk keluar dari identitas keperempuanan yang masih terkerangkeng oleh logika biner.
Lanjut baca
Play Video

Diskusi

Kolom diskusi hanya untuk peserta konferensi. Silahkan login atau daftar terlebih dahulu.
Login Peserta

2 Responses

  1. Penelitian yang sangat menarik mengulas kekhasan karya perempuan. Menurut saya penelitian Bp.Panji juga menarik untuk meneliti film dokumenter. Apakah sutradara dokumeter perempuan sanggup melahirkan kebaruan atau estetika yang khas perempuan? 

    Terutama pada film2 yg mengangkat kisah dan suara perempuan, terutama melihat perekembangan film feminist memang cukup pesat.
    Terima Kasih

  2. Kami mengundang rekan-rekan sekalian untuk berdiskusi dalam panel ini. Diskusi dapat diajukan dalam bentuk pertanyaan maupun pernyataan, baik kepada para panelis, maupun kepada KAFEIN selaku peneliti dalam proyek Pengumpulan Data Jender Terpilah. Kami juga berharap, para rekan untuk dapat memberikan rekomendasi terkait arah riset dan kebijakan dalam tema ini.

    We invite colleagues to discuss in this panel. We welcome any questions and comments, both to panelists and to KAFEIN as a researcher in Gender-Disaggregated Data of the Indonesian Film Industry. We also expect for policy recommendation and action plan related to this research.

Tinggalkan Balasan

Panel Lainnya
Panel Karir
Menggali jalur dan tantangan karir pembuat film perempuan.
Panel Adaptasi
Eksplorasi representasi perempuan dalam proses perubahan bentuk film dari medium lain
Panel Utama
Pertemuan kajian jender dan kajian sinema di Indonesia.